Back to homepage

Profil Bagian Hukum

Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Batam dibentuk pertama kali berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 6 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Batam yang telah diganti dengan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 8 Tahun 2007 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Batam dan diatur lebih lanjut dengan Peraturan Walikota Batam Nomor 6 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Batam yang kemudian diganti dengan Peraturan Walikota Batam Nomor 29 Tahun 2015 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Batam.

Secara organisasi Bagian Hukum berada di bawah rentang kendali Asisten Pemerintahan yang juga membawahi Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Organisasi dan Bagian Hubungan Masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Walikota Batam Nomor 29 Tahun 2015 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Batam, Bagian Hukum mempunyai tugas membantu Asisten Pemerintahan dalam melaksanakan dan mengkoordinasikan perumusan peraturan perundang-undangan, telaahan, memberikan bantuan hukum, mempublikasikan dan mendokumentasikan produk hukum.

Bagian Hukum dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dan didukung oleh 3 (tiga) Sub Bagian, terdiri dari :
a.    Sub Bagian Peraturan Perundang-Undangan:
b.    Sub Bagian Bantuan Hukum dan Penyuluhan Hukum; dan
c.    Sub Bagian Jaringan Dokumentasi Hukum.